Play Store merupakan tempat download yang aman untuk android, namun sebaiknya anda tetap berhati-hati. Sebab bisa jadi aplikasi yang ada di play Store dan anda unduh itu merupakan aplikasi palsu. Biasanya aplikasi-aplikasi palsu sangat sulit dikenali pasalnya sangat mirip dengan aslinya. Contohnya seperti WhatsApp palsu yang di unduh oleh ;ebih dari satu juta orang dan dengan begini membuktikan bahwa orang yang memalsukan aplikasi tersebut sangat hebat.

Play Store
Play Store

Saat anda mengunduh aplikasi palsu tentu saja akan mengalami kerugian. Kerugiannya perangkat android anda akan dibanjiri dengan iklan dan ada yang paling parah adalah jika ada menerima virus yang memungkinkan bisa mencuri data. Nah tapi tenang saja, dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips mengenali aplikasi palsu pada Play Store.

Berikut Cara Mudah Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store :

1. Perhatikan Nama Aplikasi dan Pembuat Aplikasi

Lihat nama aplikasi dan pembuat aplikasinya karena nama aplikasi sangat mirip seperti Swift Keyboard dan Swiftkey. Pembuat aplikasi Swift Keyboard adalah Designer Superman, padahal Swiftkey dirilis oleh Microsoft. Dengan begitu anda bisa mengklik dibagian nama pembuat dan nantinya akan muncul aplikasi besutan lainnya yang dibuat oleh nama tersebut.

2. Cek Jumlah Orang Mengunduh Aplikasi

Sebelum anda mengunduh aplikasi, sebaiknya anda juga lihat jumlah pengunduh dari aplikasi tersebut. Pasalnya jika aplikasi hits seperi ini diunduh jutaan pengguna. Sedangkan kalau menemukan aplikasi dengan icon yang sama persis namun hanya di unduh ribuan orang, sudah pasti itu palsu.

3. Perhatikan Bacaan Deskripsi dan Gambar Screenshot

Jika anda membaca deksripsi aplikasi dengan bahasa yang tidak karuan, maka bisa dipastikan aplikasi tersebut palsu. Sedangkan untuk membuat aplikasi asli menggunakan tata bahasa yang baik, benar dan menarik.

4. Perhatikan dengan Sangat Detail

Biasanya pembuat aplikasi palsu aka menggunakan ikon yang sama persis dengan yang asli. Sebab mereka sedang berusaha mencari mangsa dengan cara seperti itu.

Nah bagi anda pengguna android lakukan lah hal ini sebelum mengunduhnya di Play Store. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan berita menarik lainnya disini 🙂

Bagikan via :