Sakit kepala atau pusing tentu pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. Bagi sebagian orang, pusing terlihat sebagai penyakit yang tidak serius. Meski tidak serius, pusing tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Pusing juga bisa membuat aktivitas Anda menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi. Sakit kepala atau pusing sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan biasa. Meski tidak serius, sakit kepala tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Sakit kepala bisa membuat aktivitas kita menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi.

Pusing bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi menyedihkan dan memaksa Anda untuk langsung mengonsumsi obat-obatan. Mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus tentu memberikan dampak kepada kesehatan karena bahan kimia yang terus masuk ke dalam tubuh. Aspirin, salah satu obat untuk pereda sakit kepala yang terus Anda minum dalam jumlah banyak dan sering bahkan dapat merusak ginjal Anda.

Berikut beberapa tips untuk mengobati sakit kepala yang sudah kami rangkum untuk Anda:

1. Perbanyak Konsumsi Air

Tinggalkan obat dan segeralah ambil segelas air. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan minum air secara teratur, dapat mengurangi gejala sakit kepala yang parah dan membantu mengurangi untuk mengonsumsi obat. Penyebab pusing kepala salah satunya adalah dengan kurangnya asupan air untuk tubuh Anda. Kopi, alkohol, minuman manis, semuanya dapat membuat Anda dehidrasi dan itu harus dihindari. Cukup lengkapi kebutuhan air pada tubuh Anda dengan mengonsumsi banyak air. Hindari mengonsumsi obat saat sedang pusing dan perbanyak minum air untuk meredakannya.

2. Kompres Dengan Es Batu

Es batu yang tentu saja dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab. Sensasi dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

3. Lakukan Peregangan Santai

Saat Anda sedang menghadapi kegiatan yang super padat, tak jarang pikiran dan tubuh Anda bekerja terlalu keras yang akhirnya menimbulkan otot-otot menegang. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada bagian titik tubuh Anda dan akhirnya menyebabkan pusing. Kalau sudah begitu, Anda bisa mencoba meringankan sakit kepala dengan cara menghilangkan pusing dengan yoga, bernapas, dan meregangkan otot. Hal yang mudah salah satunya dengan melakukan bernapas dengan teratur. Saat sedang pusing kepala, Anda bisa meredakannya dengan mengambil napas dalam-dalam, penuh, yang dimulai dari diafragma kemudian paru-paru. Hal ini akan membuat oksigen segar beredar melalui darah Anda dan juga akan membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

4. Mengkonsumsi Kentang

Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain karena justru akan membuat kentang memiliki kentang jenuh seperti kentang goreng.

5. Minum Teh Jahe

Jahe ternyata memiliki banyak manfaat yang mengejutkan. Studi yang dilakukan oleh Brigham Young University dan Mount Union College, Ohio, menunjukan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamin (tablet untuk mengobati mual karena vertigo atau kondisi lainnya) dalam mengobati mual dan pusing karena mabuk laut. Untuk mengobati sakit kepala yang melanda, cobalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya akan terasa dalam 30 menit dan bertahan hingga empat jam.

6. Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, mencegah darah tinggi dan rendah. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan mengkonsumsinya dua kali dalam sehari. Namun, Anda bisa mencobanya secara perlahan dan buktikan pengaruhnya bagi kesehatan Anda.

7. Memijat Tubuh

Sebenarnya Anda bisa melakukan terapi akupresure (pengobatan alternatif dengan memberi pijatan lembut pada tangan dan kaki). Tapi, Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah untuk mendapatkan relaksasi dan mengobati sakit kepala. Menurut Mayo Clinic, rasa cemas bisa memicu sakit kepala, sehingga relaksasi dapat memberi rasa tenang dan meringankan sakit kepala. Anda bisa memijat tubuh anda dengan minyak lavender yang memiliki aroma segar untuk relaksasi.

8. Mengkonsumsi Pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Hal itulah yang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

Bagikan via :