Otak merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berfungsi dari mulai untuk berpikir hingga alam bawah sadar. Seiring  berjalannya waktu, fungsi otak akan kian menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. Tidak sedikit pula orang muda yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik.

Setiap orang pasti ingin memiliki ingatan yang kuat, tajam, dan tahan lama. Untuk bisa memiliki ingatan semacam itu, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah melatih kemampuan dan bakat yang kamu punya. Buat kamu yang memiliki masalah dalam mengingat atau mudah lupa. Kami akan memberikan tips yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat daya ingat kamu. Penasaran? Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan daya ingat:

1. Memperhatikan Asupan Gizi

Otak memerluka nutrisi untuk menjaga memori sehingga anda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk otak misal Omega-3 dan MCT (medium-chain triglycerides).

2. Melakukan Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak sehingga menjaga otak dari kerusakan. Hal ini dinilai sebagai cara menjaga daya ingat yang efektif.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup minimal 6-8 jam setiap harinya. Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, bisa membantu pengoptimalan daya kerja otak.

4. Memulai Hidup yang Teratur

Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas yang teratur akan membantu meningkatkan fokus kita sehingga daya ingat tetap terjaga.

5. Menulis

Ini adalah salah satu aktivitas yang membantu daya ingat otak dan konsentrasi kamu menjadi kuat dan tajam. Meskipun menulis terlihat sangat mudah, namun memiliki dampak yang positif untuk kinerja otak.

6. Menjalin Hubungan Sosial

Bercengkrama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta adalah salah satu cara untuk menghiliangkan stress atau depresi. Hal ini juga dapat meningkatkan daya ingat secara efektif.

7. Menghindari Multitasksing

Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, apalagi bagi para anda yang memiliki banyak kesibukan. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat dan kesehatan anda. Memfokuskan diri untuk mengerjakan satu pekerjaan akan membuat daya kerja otak dan ingatan kamu menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat  bagi kamu yang sering lupa atau kurang fokus. Terapkanlah cara-cara di atas sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Akan tetapi, jika daya ingat dan konsentrasi kamu tidak membaik atau malah menurun drastis, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Bagikan via :