Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan informasi tentang perbedaan Obat Herbal dan Obat Generik dari segi pengertian, harga, efek samping, reaksi, dan proses penyembuhannya. Berikut ulasannya:

  1. Pengertian

Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan. Misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain. Berikut contoh dari obat herbal:

Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Berikut contoh dari obat generik:

  1. Harga

Obat herbal memiliki harga yang lebih terjangkau karena bahan baku yang mudah didapat serta pengolahan yang cukup mudah. Sedangkan, obat generik harganya relatif mahal karena bahan baku yang digunakan ada yang mudah di dapat tetapi ada juga yang harus melalui impor serta pengolahan yang cukup rumit.

  1. Efek samping

Efek samping pada obat herbal relatif kecil bahkan ada yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping jika digunakan secara tepat. Sedangkan, Efek samping pada obat generik lebih sering terjadi dengan cepat ataupun lambat.

  1. Reaksi

Reaksi yang ditimbulkan dalam penggunaan obat herbal relatif lebih lama dibandingkan dengan obat generik. namun obat generik bersifat destruktif artinya melemahkan organ tubuh lain, terutama jika dipakai terus-menerus dalam jangka waktu lama.

  1. Penyembuhan

Obat generik lebih diarahkan untuk menghilangkan gejala-gejalanya saja artinya Bersifat sympthomatis yang hanya untuk mengurangi penderitaannya saja. Tetapi jika obat herbal tidak hanya berkhasiat menyembuhkan gejala penyakit, tetapi juga menghilangkannya hingga ke akar penyebabnya. Hal ini karena efek obat herbal bersifat holistik (menyeluruh) sehingga tidak hanya berfokus pada penghilangan penyakit tapi juga pada peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Dengan perbandingan di atas Anda bisa lebih bijak memilih pengobatan yang akan Anda ambil, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya dengan menyesuaikan jenis penyakit yang Anda alami. Dan yang tidak kalah penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dalam menentukan pengobatan yang akan Anda jalani. Semoga bermanfaat.

Bagikan via :