Berbicara mengenai kinerja komputer, memang agak gampang susah. Pasalnya performa komputer apabila dilihat dari sudut pandang pengguna sangat relatif. Disaat saya mengatakan satu komputer kinerjanya kurang, belum tentu orang lain akan merasakan hal yang sama dan begitu sebaliknya.

Tips Meningkatkan Kinerja Komputer
Tips Meningkatkan Kinerja Komputer

Ketika banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan atau sedang mencopy sebuah file ke perangkat penyimpanan eksternal kinerja komputer akan menurun. Kenapa bisa menurun ? sebenarnya ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja sebuah komputer seperti telah dipakai dalam waktu yang lama, tegangan listrik yang tidak stabil, terinfeksi virus yang cukup parah, hardware dan software out of date.

Tidak hanya itu, masih ada lagi faktor-faktor lainnya yang belum ditemukan. Sebab, perangkat komputer ini sangat kompleks dan satu sama lain terhubung serta saling mempengaruhi. Jika komputer anda mengalami kinerja penurunan, anda tidak perlu membeli sebuah komputer baru karena kinerja yang menurun bisa ditingkatkan kembali sampai normal seperti dulu. Nah dalam artikel kali ini saya akan memberikan cara meningkatkan kinerja komputer agar kembali normal seperti semula.

Berikut ini cara meningkatkan kinerja komputer:

1. Upgrade Hardware Komputer

Apapun perangkat komputer, itu tetaplah memiliki batas waktu. Ketika pemakaian sudah terlampau lama, tentu kinerjanya akan menurun. Dari segi hardware yang harus ditingkatkan adalah RAM dan Processor.

2. Kestabilan Listrik

Apakah anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara merawat komputer agar lebih awet ? salah satunya dalah dengan menggunakan UPS. Dengan menggunakan UPS kestabilan aliran listrik yang masuk pada rangkaian komputer cukup berpengaruh terhadap kondisi komputer.

3. Menggunakan Sistem Operasi Yang Ringan

Meningkatkan kinerja komputer tidak hanya dapat dilakukan dengan menambahkan hardware saja. Salah satunya adalah menggunakan sistem operasi yang ringan agar komputer lebih stabil kinerjanya.

4. Bersihkan Perangkat Keras Komputer

Ada begitu banyak perangkat keras komputer yang terpadang pada motherboard, termasuk juga kabel-kabel yang menggunakan slot tertentu. Ketika komputer anda sudah sangat lama, terkadang sambungan tersebut kotor dan karena itulah dibersihkan.

5. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Anda cukup menginstal aplikasi yang diperlukan saja, jika tidak perlu dihapus saja atau uninstal.

Nah bagi anda yang masih menggunakan komputer maka cobalah cara diatas agar kinerja komputer anda semakin meningkat.

Bagikan via :